cover
Contact Name
Rita Mutiarni
Contact Email
rita.dewantara@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lp2ki.dewantara@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Comvice : Journal of community service
ISSN : 26158507     EISSN : 26221713     DOI : -
Core Subject : Economy,
COMVICE: Journal community of cervices diterbitkan oleh Lembaga Publikasi dan Penerbitan Karya Ilmiah STIE PGRI Dewantara Jombang mulai tahun april 2017 dan konsisten sampai saat ini terbit dua kali setiap tahun yaitu pada bulan April dan Oktober, jurnal ini diterbitkan untuk mempublikasikan karya ilmiah di bidang pengabdian pada masyarakat khusus yang berkaitan dengan rekayasa sosial dalam pemberdayaan masyarakat, ekonomi, usaha kecil mikro dan menengah, upaya pemberantasan kemiskinan dan masalah-masalah sosial ekonomi di masyarakat.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2020): Oktober 2020" : 5 Documents clear
Pemanfaatan Limbah Kain Perca Menjadi Produk Bernilai Ekonomis Esty Hartiningrum; Safiil Maarif; Nahlia Rakhmawati
COMVICE: Journal Of Community Service Vol. 4 No. 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26533/comvice.v4i2.667

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertujuan untuk melatih jiwa wirausaha siswi MTs Al Hikmah Janti Jogoroto melalui pemanfaatan limbah kain perca menjadi produk yang bernilai ekonomis. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2019. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk: 1) penyuluhan dan pemahaman wirausaha pada siswa, 2) praktik dan pendampingan pembuatan produk, 3) monitoring dan evaluasi. Hasil dari kegiatan tersebut adalah: siswi mampu memanfaatkan limbah kain perca menjadi produk unik antara lain: 1) bros, 2) gantungan kunci, 3) taplak meja serta produk kreativitas lainnya yang memiliki nilai jual. Diharapkan, kegiatan ini mampu menjadi pemantik jiwa wirausaha pada siswa sekaligus mengurangi limbah kain perca dan mengubahnya menjadi produk yang lebih bermanfaat.
“Taniku” Sebagai Salah Satu Solusi Pemasaran Hasil Pertanian I Made Sara; I Wayan Kartika Jaya Utama; Gde Deny Larasdiputra
COMVICE: Journal Of Community Service Vol. 4 No. 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26533/comvice.v4i2.762

Abstract

Pandemi Covid – 19 yang melanda seluruh dunia, berdampak pada seluruh bidang kehidupan termasuk juga bidang pertanian. Dengan berbagai pembatasan kegiatan fisik, memaksa petani untuk tetap bisa bertahan hidup dan menjalankan kegiatan pertanianya dengan mencoba metode lain. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mensosialisasikan pemanfaatan media online sebagai sarana pemasaran hasil produksi para petani di Desa Sumerta Kecamatan Denpasar Timur, Bali, agar dapat meningkatkan omzet penjualannya. Kegiatan ini melibatkan PT. Keberlanjutan Strategis Indonesia sebagai penyedia platform Taniku dan Jasa Kurir PT. Paxel Algorita Unggul. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan cara melakukan sosialisasi berbisnis secara online, diskusi mendalam dan pendampingan pemanfaatan platform Taniku yang dioperasikan oleh fakultas ekonomi Universitas Warmadewa. Dari hasil kegiatan PKM tersebut, diperoleh hasil yang cukup memuaskan. Mitra binaan telah mengenal pemasaran hasil pertanian secara online dan mengetahui resiko yang mungkin timbul dari pemasaran online. Kegiatan ini diharapkan akan terus dilanjutkan pada periode selanjutnya agar pembinaan yang sudah dimulai ini dapat berkembang lebih baik dan memberikan dampak lebih besar kepada petani di Desa Sumerta.
Pelatihan Optimalisation Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menegah di Desa Kepuh Kajang Deni Widyo Prasetyo
COMVICE: Journal Of Community Service Vol. 4 No. 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26533/comvice.v4i2.670

Abstract

Optimalisation di bidang pemasaran sangat penting untuk meningkatkan kapasitas produksi UMKM dengan pemasaran yang optimal dan tepat sasaran maka akan meningkatkan penjualan produk ataupun jasa yang di produksi oleh UMKM, teknologi memegang peran penting dalam era digital 4.0 saat ini, penguasaan teknologi dalam bidang pemasaran merupakan kemampuan wajib yang harus di miliki oleh para pelaku UMKM. Kegiatan dilakukan di desa Kepuh kajang merupakan desa yang berada di wilayah Kecamatan Perak Jombang, selain bertani warga sekitar memproduksi usaha sampingan yaitu usaha kue yang di jajakan untuk kebutuhan hajatan besar atau sebagai kudapan saat berkumpul dengan keluarga dengan memanfaatkan media sosial online shop, wirausaha, instagram, media sosial, perlahan tapi pasti menunjukkan perubahan yaitu meningkatnya kapasitas dengan optimalisation pemasaran melalui media sosial.
Upaya Menciptakan Good Local Governance dalam Pengelolaan Keuangan Desa di Desa Lembung Timur Hafidhah Hafidhah; Miftahol Arifin
COMVICE: Journal Of Community Service Vol. 4 No. 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26533/comvice.v4i2.697

Abstract

Pemerintah Indonesia mengeluarkan Undang – Undang Desa yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan wilayah pedesaan melalui alokasi keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang disebut dengan Dana Desa (DD). Dana desa diharapkan akan mengurangi ketimpangan pembangunan yang selama ini terjadi antara wilayah pedesaan dan perkotaan. Namun besarnya uang yang ada di desa apabila tidak diikuti dengan kemampuan pemerintahan desa dalam pengelolaannya maka mengakibatkan pengelolaan keuangan desa menjadi tidak maksimal. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Desa Lembung Timur Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah ketidakmampuan pengelolaan keuangan desa oleh perangkat desa. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini adalah perangkat pemerintahan desa yang sejumlah 10 orang. ada di desa tersebut. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan secara intensif yang meliputi tahapan: 1) Perencanaan, 2) pelaksanaan kegiatan, 3) penatausahaan, 4) pelaporan, dan 5) pertanggungjawaban keuangan desa. Dari hasil kegiatan diperoleh hasil yang positif yaitu peningkatan kapasitas perangkat desa dalam mengelola hingga menyusun laporan keuangan dana desa yang baik dan akuntabel.
Ketangguhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Ngrandulor Kabupaten Jombang Omi Pramiana; Suluh Agus Hendrawan
COMVICE: Journal Of Community Service Vol. 4 No. 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STIE PGRI Dewantara Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26533/comvice.v4i2.700

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Ngrandulor Jombang dalam penyusunan laporan keuangan, promosi serta melakukan inovasi. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini adalah para pelaku UMKM Desa Ngrandulor Jombang sebanyak 15 pelaku usaha mayoritas perdagangan dan 30 anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Kegiatan ini juga didukung oleh perangkat Desa Ngrandulor Jombang. Masalah umum yang dihadapi mitra adalah kesulitan penyusunan laporan keuangan serta kurangnya kreativitas dalam melakukan promosi dan inovasi. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan secera intensif selama 2 (dua) minggu. Hasil dari kegiatan tersebut adalah peningkatan kemampuan mitra dalam penyusunan laporan keuangan, pembutan promosi yang menarik serta pengembangan inovasi produk.

Page 1 of 1 | Total Record : 5